Selasa, 30 Oktober 2012

SI BAU MENYENGAT DAN ASAM “TEMPOYAK”

Siapa sih yang gak suka dengan buah durian. Buah yang berbau dengan rasa yang manis dan lezat. Selain dimakan dalam keadaan segar, buah durian juga sering diolah menjadi dodol. Ternyata, bukan saja dimakan dalam keadaan segar atau dalam bentuk dodol. Durian bisa diolah menjadi suatu masakan yang memiliki rasa yang asam dan bau yang menyengat, tetapi memiliki rasa yang luar biasa lezatnya.

Yap, TEMPOYAK  walaupun punya bau yang menyengat dan rasa yang asam tetapi banyak yang menyukai rasa yang unik dari tempoyak ini. Apa lagi kalau musim durian tiba, waaah… pasti banyak deh yang dapat menikmati tempoyak baik diolah sendiri maupun yang di dapat dirumah makan.
TEMPOYAK adalah makanan khas jambi yang sudah lama dinikmati oleh masyarakatnya. Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari buah durian yang kemudian difermentasi agar mendapatkan aroma dan rasa yang berbeda. Makanan ini dapat disajikan sebagai lauk dan dimakan bersama nasi. Selain itu, bisa juga dicampur sebagai penyedap sambal dan bumbu. Mmmm …. Mantaaaap!!!!

Bagaimana sih cara membuat tempoyak????  
Mau tau cara pembuatannya, niiih simak baik-baik yaaa!!!
Pilih buah durian yang benar-benar sudah masak, pisahkan daging buah dengan biji durian.  Setelah itu berikan sedikit garam. Setelah selesai, ditambahkan dengan cabe rawit. Penambahan cabe rawit ini bertujuan untuk mempercepat proses fermentasi dari daging durian. Tetapi, proses fermentasi tidak dapat berlangsung lama karena akan mempengaruhi rasa akhir dari tempoyak tersebut.
Setelah selesai, adonan dari tempoyak jangan disimpan disuhu ruang loooh….
Sebaiknya, adonan disimpan dalam tempat yang tertutup rapat dan disimpan pada kulkas atau pada suhu dingin untuk menghambat proses fermentasi dari tempoyak, agar rasa dan aromanya terjaga.

TEMPOYAK bisa diolah menjadi apa saja sih???
Banyaaaak bangeet…..
Tempoyak bisa di olah menjadi lauk seperti gulai tempoyak, pepes tempoyak, sambal tempoyak dan masih banyak lagi olahan-olahan dari tempoyak.
Ternyata buah durian bukan saja enak untuk dimakan segar tetapi juga dapat diolah menjadi makanan yang menggugah selera. 

Apa sih KANDUNGAN buah durian????
Durian sebagai bahan baku utama tempoyak. Durian mempunyai kandungan gizi yaitu: 67gr air, 28.3gr karbohidrat, 2.5gr lemak, 2.5gr protein dan 1.4gr serat per 100gr. Selain itu, durian juga mengandung vitamin B1, B2, dan C serta kalium, kalsium dan fosfor. Tempoyak sendiri memiliki kadar lactic acid bacterial yang tinggi. Lactic acid bacterial adalah bakteri yang digunakan untuk fermentasi dan menimbulkan rasa asam pada tempoyak.

 by: Div. P3L (Hanifah Ulfa) 

Sumber:

Tidak ada komentar: